Rabu, 09 Agustus 2017

Nama-Nama Alat Fitnes dan Fungsinya

Nama-Nama Alat Fitnes dan Fungsinya - Nge-gym adalah salah satu pilihan berolah raga yang menyenangkan sebab kita bisa menggunakan berbagai alat yang tersedia. Alat-alat fitnes ini memiliki nama dan fungsinya sendiri-sendiri. Sebagai pemula fitnes, anda mungkin masih asing dengan nama-nama alat fitnes beserta fungsinya. Untuk lebih memahami, berikut beberapa alat fitnes dan fungsinya :
nama nama alat ukur dan fungsinya,kesehatan dan fungsinya,laboratorium,laboratorium kimia,fitnes dan kegunaannya,jenis alat fitness dan fungsinya,

1. Barbels and Adjustable Benches
Alat fitnes ini sering dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah gerakan populer dalam fitnes. Adjustable benches lebih praktis sebab sudut kemiringannya bisa disesuaikan menurut kekuatan kita. Banyak pengunjung fitnes yang memakai alat ini sembari menunggu alat fitnes lainnya siap. Alat ini memiliki kegunaan melatih otot-otot tubuh sebelah atas dan ada kalanya pada seri tertentu pun dapat dipakai untuk melatih otot tubuh sebelah bawah.

2. Cable Pulley
Alat fitnes yang satu ini cukup populer sebab tak cuma tersedia di gym akan tetapi juga sering dijumpai di rumah-rumah mereka yang gemar fitnes. Cable pulley dipilih bila anda akan melatih otot-otot dada jika dilakukan dalam keadaan berdiri atau berbaring. Di samping itu bila ditambahkan beban yang mempunyai bobot tertentu bisa difungsikan melatih otot-otot paha, panggul dan lengan. Jenis Cable Pulleys ada beberapa macam, ada yang sederhana hingga yang mempunyai berbagai fungsi sekaligus.

3. Rowing Machine
Alat yang cara menggunakannya seperti orang yang mendayung ini dapat melatih beberapa otot sekaligus. Menyerupai jenis alat fitnes lainnya, Rowing Machine ini pun bisa disetel posisi dan bobot bebannya menurut kesanggupan tubuh pemakainya. Memakai alat ini dalam keadaan duduk tidak sebatas otot bagian depan saja yang bisa dilatih akan tetapi mencakup juga otot punggung.

4. Exercise Bike
Peranti fitnes yang ini memiliki fungsi menyerupai aktifitas bersepeda. Populer juga dengan sebutan sepeda statis. Seakan-akan anda tengah mengayuh sepeda meski tak kemana-mana. Exercise bike ini pun dibekali fungsi untuk melihat jarak yang telah dicapai sekaligus juga fungsi untuk mengecek berapa kalori yang telah dibakar.

5. Treadmill
Nama alat fitnes yang satu ini sudah sangat terkenal sebab sering dijumpai tak hanya di pusat kebugaran namun juga dimiliki orang-orang yang memang rajin fitnes di rumah. Berjalan atau lari-lari di atas treadmill sering dilakukan orang untuk membakar lemak dan menjadikan tubuh bugar. Alat ini dilengkapi dengan layar LCD yang akan memperlihatkan kecepatan denyut jantung dan juga jarak yang sudah ditempuh. Alat ini dibedakan dua yaitu treadmill manual dan treadmill elektrik. Treadmill manual seluruhnya dikontrol oleh kekuatan otot kaki untuk memutar belt-nya. Makin kuat langkah kaki tentu putaran treadmill akan makin cepat. Sementara treadmill elektrik memerlukan sumber listrik guna memutar belt yang digerakkan oleh dinamo. Tingkat putaran belt dapat disetel menurut kebutuhan.

6. Bench Press
Termasuk dalam kategori weight equipment dengan fungsi pokoknya melatih otot-otot tubuh sebelah atas diantaranya otot bahu, otot dada serta otot lengan. Caranya dengan berbaring pada bangku (bench) yang dapat disetel menurut kebutuhan mau yang datar atau menurun (flat atau incline). Beberapa tipe bench press pun ditambahkan leg extension dan leg curl untuk latihan otot kaki.