Kamis, 03 Agustus 2017

Tips Tepat Memilih Sepatu Fitnes

Tips Tepat Memilih Sepatu Fitnes - Sepatu olahraga yang lazim dikenakan saat jalan-jalan tak selalu cocok untuk digunakan fitnes. Perlu kejelian dalam menentukan sepatu fitnes agar anda bisa terhindarkan dari kemungkinan cidera ketika latihan. Sekarang ini jenis sepatu fitnes kian spesifik. Tiap sepatu mempunyai material dan komponen tersendiri untuk tiap jenis olahraga. Sehingga butuh ketelitian saat Anda akan membelinya. Berikut beberapa tips mendapatkan sepatu yang tepat untuk fitnes anda :
tips memilih sepatu olahraga,sepatu olahraga wanita,cara memilih sepatu olahraga,

1. Hindari menggunakan sepatu untuk segala kegiatan.
Sepatu untuk jalan-jalan umumnya memiliki bahan lebih padat sementara sepatu untuk lari lebih lentur dan memiliki pad tambahan guna menahan getaran.

2. Ukur kembali panjang kaki anda
Berdasarkan penelitian, bertambah hari ukuran kaki seseorang akan berubah meski telah memasuki usia dewasa. Ukur kembali ukuran kaki anda setidaknya tiap 6 bulan sekali.

3. Beli sesudah aktifitas.
Kaki bisa mengembang setelah melakukan aktifitas. Bila berencana membeli sepatu maka lakukan setelah anda seharian beraktifitas yaitu ketika kaki berada dalam ukuran terbesar.

4. Saat mencoba, kenakan juga kaos kaki anda.
Sebab kaos kaki akan meningkatkan kenyamanan mengenakan sepatu baru anda.

5. Jangan terburu-buru memutuskan.
Gunakan untuk jalan atau lari agar benar-benar nyaman menggunakannya ketika berolahraga.

6. Gunakan ketentuan jempol.
Pertimbangkan jarak ideal ujung sepatu ke jempol kaki, punggung kaki serta tumit. Jika kelonggaran jelas menyebabkan selip, namun kelewat rapat pun akan membuat lecet.

7. Uang tak bisa berdusta
Sepatu dengan harga hanya Rp.50 ribu jelas tak sama kualitasnya dibanding sepatu dengan label Rp.500 ribu.

8. Tahu kapan harus ganti.
Secara ideal sepatu olahraga harus membeli baru sesudah digunakan sekitar 600 kilometer. Atau bila solnya terlihat menipis dan sepatu tidak enak lagi dikenakan.

Sedangkan tips khusus memilih sepatu fitnes adalah dengan menyesuaikan dengan jenis fitnes yang akan dilakukan seperti :

1. Berlatih angkat berat
Jika Anda hendak berlatih angkat beban, gunakanlah sepatu yang mempunyai sol flat dan keras. Sepatu jenis ini akan memudahkan Anda menahan beban dan menyediakan sokongan ke tubuh.

2. Jalan atau lari di atas treadmill
Model sepatu lari lah yang Anda perlukan ketika latihan di alat lari statis ini. Sepatu lari umumnya dirancang ringan dibanding sepatu olahraga lainnya sehingg sanggup menyokong tekanan yang dilakukan secara terus-menerus.

3. Berlatih kardio
Pada jenis fitnes ini Anda butuh sepatu fitnes yang bisa menunjang seluruh anggota tubuh Anda. Gunakan sepatu dengan sol dalam yang tebal sebab ini akan menciptakan kenyamanan pada gerakan tubuh yang bermacam-macam. Pilih sepatu dengan material ringan.