Selasa, 01 Desember 2015

Urutan Fitnes Yang Benar Dalam Latihan Angkat Beban

Urutan Fitnes Yang Benar Dalam Latihan Angkat Beban - Di samping berfungsi membangun otot, berlatih beban pun bermanfaat memangkas berat badan, tentu bila dijalankan sesuai aturan dan konsisten. Fakta ilmiah menunjukkan jika tiap 10 tahun sekali metabolisme tubuh manusia terjadi penurunan fungsi dan menjadi lebih lambat kurang lebih 3 %. Ketika memasuki usia ini maka volume otot berangsur menciut dan pembentukan lemak tubuh akan meningkat. Wajar bila pada usia tua, tubuh malah bertambah gemuk.
Urutan Fitnes Yang Benar Dalam Latihan Angkat Beban,

Supaya hal tersebut tak terjadi maka penting untuk memulai berlatih fitnes saat ini juga, tentunya dengan urutan fitnes yang benar. Salah satu jenis fitnes yang bisa dilakukan adalah dengan latihan beban. Sejumlah penelitian menyatakan jika berlatih beban dalam 3 bulan dengan teratur selama sekitar 15 hingga 20 menit setiap hari dengan intensitas 2 hingga 3 kali seminggu bisa meningkatkan massa otot sampai 1,4 kilo. Berlatih beban pun akan mempercepat metabolisme tubuh sebesar 7 persen sekaligus mendukung pembakaran kalori sebanyak 105 kalori tiap harinya.

Berikut 5 urutan fitnes yang benar dalam latihan angkat beban yang dapat dicoba :

1. Gunakan berat beban yang sesuai
Berat beban yang ringan tidak bisa memberikan tekanan optimal pada otot untuk memperoleh hasil maksimal. Namun jangan pula mengangkat beban kelewat berat sebab berpeluang terjadinya cidera. Pilih berat beban disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Tingkatkan bertahap bila dirasa masih bisa mengangkatnya.

2. Kerjakan dengan gerakan pelan-pelan
Latihan beban dengan gerakan cepat bisa mengakibatkan cidera dan bahkan tak akan efektif melatih kekuatan sebab otot tubuh pun butuh beradaptasi lebih dulu. Angkat beban kurang lebih 2 sedangkan 4 detik adalah waktu untuk meletakkan beban.

3. Pengaturan pernapasan
Napas yang salah ketika berlatih beban akan menyebabkan gerakan jadi sulit dan malah akan mengganggu tekanan darah. Yang betul adalah membuang napas ketika mengangkat beban, kemudian mengambil napas ketika menurunkan beban.

4. Rencanakan jadwal latihan yang benar
Jadwal berlatih beban harus tersusun dengan baik dan rutin. Buatlah dengan detil contohnya Senin latihan otot dada, Rabu latihan otot kaki, Kamis latihan otot punggung dan selanjutnya. Hindari latihan beban dalam waktu satu minggu tanpa jeda. Namun berikan jeda 1 hingga 2 hari untuk beristirahat. Otot-otot tubuh akan berkembang ketika tubuh memperoleh cukup istirahat.

5. Mengkonsumsi makanan sehat
Poin yang juga penting diperhatikan ialah mengasup makanan sehat. Pertahankan keseimbangan nutrisi untuk tubuh. Sayur-mayur dan buah merupakan jenis hidangan sehat yang bagus untuk mensukseskan latihan beban ini. Jauhi mengkonsumsi fast food sarat kalori dan kandungan lemak. Ubah ke makanan kaya protein diantaranya telur, daging ayam bagian dada atau juga daging. Jenis makanan tersebut yang bisa berperan dalam pertumbuhan massa otot lebih maksimal.

Urutan Fitnes Yang Benar Dalam Latihan Angkat Beban Rating: 4.5 Posted by: erick rezi